Beda Agama, Gimana Cara Menyikapinya ?

Beda Agama, Gimana Cara Menyikapinya ? – Kebanyakan orang orang biasanya biasanya mencoba untuk menyingkirkan atau mengecilkan perbedaan saat mereka sedang jatuh cinta dan dimabuk asmara. Tapi mereka lupa bahwa, perbedaan yang terjadi diantara mereka berdua bisa merugikan satu sama lain pada hubungan jangka panjang dimasa depan. Jika Anda saat ini mengalami kondisi dimana berhubungan dengan pasangan yang berbeda agama atau bahkan sebelum memulai hubungan dengan si Dia, Anda sudah mengetahuinya, maka tentu harus diberikan perhatian khusus untuk persoalan perbedaan agama tersebut, dan mengetahui cara menangani perbedaan tersebut.

Beda Agama, Gimana Cara Menyikapinya ?

Berikut disajikan hal hal yang menjadi referensi untuk menyikapi perbedaan agama yang terjadi antar pasangan :

Beda Agama, Gimana Cara Menyikapinya ?1. Hadapi Masalah.

Sekali lagi, masalah terbesar yang dihadapi pasangan berbeda agama adalah menyangkal bahwa perbedaan tersebut sebenarnya ada. Bahkan meskipun Anda bukan orang yang religius, perbedaan tersebut bisa merusak hubungan di masa depan.

Selain itu, dalam menghindari perbedaan dialog mengenai hal itu, pasangan mungkin membuat asumsi yang tidak tepat tentang preferensi religius pasangan mereka masing masing.

Antar pasangan harus mendesak untuk  menghadapi masalah tersebut secara langsung. Dan waktu terbaik untuk mengkomunikasikannya adalah sekarang. Menghindari masalah tidak akan membuat masalah itu menjauh atau pergi, karena masalah tersebut akn tetap berada disana sampai diselesaikan.

2. Kenali Budaya Masing Masing.

Kebanyakan orang-orang mengalami masalah dalam memisahkan tentang agama. Bahkan jika agama bukanlah faktor utama dalam hidup atau hubungan Anda, Anda mungkin saja memiliki budaya yang berbeda dari pasangan Anda. Dan perbedaan ini, tidak akan hilang. Karena terkadang agama berkaitan dengan budaya, begitu juga sebaliknya.

Pertimbangkanlah hal berikut saat memikirkan budaya yang ada dalam keluarga Anda. Apa hal yang normal di keluarga Anda ? Apa harapan Anda terhadap hubungan dan calon keluarga ? Bagaimana Anda mengekspresikan emosi Anda ? Lalu, bicarakan perbedaan budaya ini antar kedua calon pasangan atau pasangan.

BACA  Modal Kepalsuan, Apa Bisa Buat Dapetin Pacar ?

3. Berlatih Memahami Tanpa Menghakimi

Hal ini bukanlah hal yang produktif untuk dinegosiasikan antara pasangan, bukalah diri Anda pada praktik keagamaan pasangan Anda, tapi mungkin saja untuk beberapa tradisi agama hal ini tidak bisa atau tidak boleh dilakukan, karena dianggap melanggar hal hal tertentu dalam keimanan masing masing. Tapi dengan melakukan hal tersebut akan memungkinkan meningkatkan pemahaman pasangan Anda tentang apa yang Anda yakini.

Misalnya, Anda mungkin menghadiri kegiatan agama bersama pasangan Anda. Ini tidak berarti bahwa Anda sedang berjanji untuk merubah keyakinan Anda. Tapi hal ini menunjukkan bahwa Anda menganggap serius hubungan Anda, dan bersedia untuk belajar lebih banyak tentang hal apa yang dianggap penting bagi pasangan Anda.

5. Bagikan Kisah Hidup Anda Satu Sama Lain.

Alih-alih memaksa keputusan (misalnya, Kita akan memiliki jenis pernikahan ini atau anak Kita akan akan mengikuti agamamu atau agamaku), sebaiknya antara pasangan saling berbicara secara mendalam tentang kisah hidup satu sama lain yang menyebabkan atau berkaitan dengan pandangan keyakinan masing masing. Hal ini tidak hanya menghilangkan tekanan, tapi memberi kesempatan kepada pasangan untuk mengenal lebih jauh satu sama lain dengan lebih baik.

Terima kasih sudah membaca artikel

Beda Agama, Gimana Cara Menyikapinya ?

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply