Ditolak Saat PDKT ? Bukan Akhir Segalanya

Ditolak Saat PDKT ? Bukan Akhir Segalanya – Salah satu hal tersulit yang dihadapi pada masa PDKT adalah menghadapi rasa takut akan ditolak. Jika Anda membiarkan rasa takut itu mengendalikan Anda, kemungkinan besar yang terjadi adalah Anda tidak akan pernah berhasil dalam mencoba memulai hubungan. Karena setiap orang siapapun akan pernah merasakan penolakan, karena penolakan adalah bagian dari proses yang akan dan harus dilalui, tidak perduli seberapa terkenal Anda, seberapa tampan atau cantiknya Anda, seberapa kaya dan berbakatnya Anda.

Ditolak Saat PDKT ? Bukan Akhir Segalanya

Hal yang membedakan orang orang tersebut adalah bahwa penolakan tidak akan membuat diri mereka hancur.

Ditolak Saat PDKT ? Bukan Akhir SegalanyaMengapa Penolakan Terasa Menyakitkan ?

Alasan dari mengapa Anda takut ditolak adalah penolakan itu terasa begitu menyakitkan. Bukan membesar besarkan, tapi penolakan benar benar menyakitkan Anda secara fisik. Stres akan penolakan dan ketakukan terhadap rasa sakit ditolak akan menyebabkan rasa sakit. Nafas yang tidak beraturan dan terasa pendek, merupakan rasa sakit yang timbul dari penolakan adalah nyata mempengaruhi fisik Anda.

Tapi mengapa bahkan penolakan yang ringan pun membuat Anda begitu tertekan ?

Di dasar tingkatan manusia, penolakan merupakan ancaman bagi keberadaan kita. Secara alami, kelangsungan hidup kita didasarkan pada hubungan sosial kita. Kita bekerja sama sebagai satu kelompok karena dalam kelompok kita dapat memaksimalkan kemampuan individu untuk bertahan hidup – mulai dari perlindungan hingga pembagian makanan dan sumber daya.

Hubungannya dengan hal itu, kita menjadi sadar akan tanda tanda bahwa hubungan kita dalam kelompok sedang memasuki tahap berbahaya. Dimasa lalu peradaban manusia, dikeluarkan dari suatu kelompok adalah diibaratkan seperti hukuman mati. Maka ketika kita menghubungkan dengan hal ini, kita secara alami mengalami keterlukaan secara emosional ketika ditolak. Pikiran pikiran negatif muncul sehingga kita takut sebelum memulai melakukan apapun.

Penolakan Tidak Selalu Berkaitan Dengan Anda

Salah satu hal yang perlu Anda sadari secara pribadi adalah penolakan sering kali sama sekali tidak ada hubungannya dengan Anda.

Mari Kita melihat situasi ini secara objektif. Kehidupan dan keputusan orang lain tidak bergantung atau dipengaruhi  oleh Anda terhadap apapun yang Anda lakukan. Hal ini diibaratkan bahwa Anda terkadang cenderung lebih memikirkan apa yang orang lain pikirkan tentang Anda daripada tentang Anda sendiri.

Meskipun benar bahwa salah satu alasan mengapa seseorang menolak Anda adalah karena beberapa hal yang Anda lakukan.

Ketika mendekati orang asing, mungkin saja Dia menganggap Anda orang bodoh karena menganggap bahwa Anda tidak pantas untuk mereka. Tapi hal itu mungkin terjadi karena Anda adalah orang yang kesekian kalinya yang melakukan hal tersebut, dimana seseorang sebelumnya juga mencoba berbicara kepada Dia, dan Dia sudah lelah akan semua hal itu. Atau mungkin wajah dan perilaku Anda terlihat seperti mantan kekasihnya yang berengsek dimasa lalu. Jadi pendekatan yang Anda lakukan tidak berhasil dengannya karena barangkali Dia baru bertengkar dengan keluarga, atasannya kemudian  semua itu membuat suasana hatinya kacau, moodnya hilang.Dan kemungkinan lainnya.

BACA  Cuma Dianggap Teman ? Berikut Cara Keluar Dari Friendzone

Menerima Dan Berdamai Dengan Penolakan

Jadi dengan semua kemungkinan yang ada yang bisa terjadi, mengapa penolakan masih terasa begitu mengerikan?

Anda sebaiknya tidak berinvestasi terlalu banyak kepada satu orang saja. Mengapa Anda membiarkan rasa takut akan penolakan menguasai Anda, hal itu karena Anda terlalu memikirkan pendapat orang lain yang tidak Anda kenal. Hal yang terjadi adalah, orang tersebut baru saja Anda temui, tapi dapat sedemikian menghancurkan ego Anda dan Anda menganggap persetujuan dari Dia begitu pentingnya dan jika Dia tidak menyukai Anda untuk beberapa alasan pribadi, Anda merasa tersakiti.

Memiliki penilaian internal yang kuat terhadap diri Anda sendiri akan membantu mengatasi pemikiran dan perasaan bahwa pendapat orang lain menentukan segalanya tentang hidup Anda. Ini membantu juga dalam memiliki mental yang berkelimpahan, bahwa Dia bukan orang satu satunya yang bisa mencintai Anda, Dia hanya salah satu orang yang Anda sukai. Akan ada orang lain dikehidupan Anda yang sama istimewanya atau lebih dari Dia.

Bagian dari penolakan yang membuat hal itu berdampak lebih besar pada pikiran Anda adalah ketika Anda membiarkan hal itu tumbuh. Ketakutan itu  membuat Anda tidak mau bergerak maju. Anda harus menerima penolakan itu jika hal itu terjadi. Semakin Anda mencoba menghindarinya, semakin ketakutan itu menjadi lebih besar. Menunggu moment yang sempurna hanyalah alasan yang diciptakan dari ketakutan Anda sendiri. Tidak ada momen yang sempurna dan tidak ada metode yang terbaik yang dapat menjamin Anda tidak akan ditolak. Yang bisa Anda lakukan adalah menikmati proses itu dengan santai dan memahami bahwa penolakan berarti mungkin Dia memiliki alasan lain yang lebih penting sehingga tidak ingin berpacaran dengan Anda.

Salah satu alasan mengapa Anda cenderung takut ditolak adalah bahwa Anda khawatir hal itu akan membuat segalanya menjadi tidak nyaman. Ada naluri tertentu untuk percaya bahwa begitu Anda ditolak oleh seseorang, tidak ada harapan lagi untuk kehidupan cinta Anda.

Tidak seperti itu kenyataannya, yang benar adalah belajar menangani penolakan bukan hanya bagian penting dari proses berpacaran. Tapi ini merupakan bagian dari kecerdasan emosional Anda. Itulah sebabnya mengapa penting untuk belajar menangani penolakan.

Setelah Anda tahu bahwa penolakan tidak akan menghancurkan Anda, Anda berada di tempat yang lebih berkuasa atas diri Anda. Anda juga menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda dewasa secara emosional. Anda memiliki kepercayaan diri dan keyakinan diri.

Sekali Anda tidak membiarkan rasa takut terhadap penolakan menguasai diri Anda, Anda bisa menjadi lebih santai saat bermain-main dengan orang-orang yang disukai.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Ditolak Saat PDKT ? Bukan Akhir Segalanya

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply