Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya

Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya – Nikah muda itu sebenarnya baik atau buruk ? Perlu Anda pahami bahwa pernikahan bukanlah permainan dan harus menjadi keputusan yang harus dipertimbangkan dengan matang sebelum diambil. Anda harus mengevaluasi alasannya, menimbang untung ruginya, kemudian putuskan langkah yang harus dilakukan.

Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya

Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya

Ada pro dan kontra yang umum dimasyarakat, dimana ada yang setuju nikah muda dan ada juga yang menganggap nikah muda adalah keputusan bodoh yang diambil secara tergesa gesa. Bagaimana Anda menanggapi akan hal ini ? Apakah Anda menikahi orang yang tepat ? Berbagai pertanyaan itu timbul dalam diri Anda ketika Anda mengalaminya, berikut pemaparan untung rugi nikah di usia muda.

 Keuntungan menikah muda

1. Fleksibilitas

Lebih mudah bagi pasangan yang menikah muda untuk membentuk, membangun dan menyesuaikan kebiasaan bersama karena dari segi aktivitas pasangan muda biasanya lebih fleksibel.

2. Memiliki waktu yang lebih panjang untuk bersama

Bila Anda masih muda, Anda memiliki banyak waktu untuk merencanakan dan menjalankan kehidupan pernikahan Anda bersama, saling memperhatikan, belajar lebih banyak tentang satu sama lain serta merencanakan impian dan tujuan Anda bersama-sama. Waktu berada di pihak Anda dan ini adalah salah satu keuntungan yang tidak bisa dimiliki oleh semua orang didunia ini.

3. Tidak terpengaruh jam biologis

Dengan memiliki waktu yang cukup di tangan Anda,  maka jam biologis Anda tidak memberi tekanan pada Anda untuk mempunyai momongan. Anda bisa menunggu, merencanakan keluarga nanti dan membangun ikatan yang kuat dan intim.

Baca : Apakah Suami Menyakiti Anda Secara Emosional ?

4. Beban Lebih Ringan

Jika Anda menunda pernikahan. Maka beban dimasa lalu yang dirasakan oleh Anda atau pasangan tidak terasa berat, karena Anda dan pasangan belum menjalani hidup lama, dan belum banyak beban yang terjadi dalam kehidupan.

5. Memilih dan membangun masa depan bersama

Menikah muda memberi kesempatan kepada pasangan untuk memetakan tujuan, visi dan impian mereka bersama-sama sehingga mereka dapat menentukan hal hal yang ingin dicapai bersama-sama tersebut, menjelajahinya dan saling membantu mencapai tujuan sambil menikmati perjalanan kehidupan tersebut. Tidak seperti pasangan yang menikah di usia yang lebih tua dan mendekati tujuan yang telah ditentukan sebelumnya dalam hidup mereka dengan peta jalan yang lebih praktis, pasangan muda selalu siap untuk memilih, menciptakan dan membangun masa depan yang kondusif untuk masa kini yang mereka miliki bersama. Pasangan yang lebih tua cenderung berjuang dengan membiayai pasangan mereka dalam kehidupan yang telah mereka capai.

6. Tidak ada masalah kesenjangan generasi

Menikah muda memungkinkan Anda merencanakan anak-anak Anda kapan saja. Juga, jika Anda memilih untuk memiliki anak setelah rentang yang cukup, Anda masih memiliki selisih usia yang lebih kecil dan karena itu bisa disesuaikan dengan kebutuhan orang tua. Tentu saja, pilihan itu tersedia juga bagi pasangan yang lebih tua.

BACA  Alasan Ilmiah Pria Berselingkuh

 

Kekurangan pernikahan di usia  muda :

1. Kurangnya kedewasaan

Tepat ketika Anda mulai belajar tentang kehidupan sebenarnya, Anda sendiri yang bertanggung jawab atas hal lain. Ingatlah bahwa tidak peduli apa yang mereka katakan kepada Anda, usia dua puluhan adalah saat untuk mencari tahu diri Anda sendiri, belajar lebih banyak tentang kehidupan dan dunia dan mengalami hidup secara keseluruhan.

2. Kurangnya kecocokan

Menikah muda seringkali dikaitkan dengan tanpa pertimbangan dan terlalu terburu buru. Hal ini mungkin saja dapat menimbulkan penyesalan nantinya. Untuk menghilangkan efek nafsu sesaat saja, Anda perlu memutuskan untuk menikah dengan sangat hati-hati dan mengerti bahwa hal itu lebih banyak melibatkan cinta semata saja atau logika.

3. Ketidakstabilan finansial

Menikah muda bisa menimbulkan ketidakstabilan keuangan, karena tanggung jawab terhadap keluarga mungkin saja akan menjadi penghalang bagi Anda atau pasangan Anda yang masih ingin melanjutkan studi demi perkembangan karir dan hidup yang lebih baik. Dan mungkin juga menimbulkan kendala ketidakfleksibelan dalam berkerja, contohnya jika perusahaan tempat Anda bekerja menginginkan Anda pindah kerja ke suatu tempat, tentu akan menjadi hambatan karena Anda akan terpisah jauh dari keluarga kecil yang baru saja Anda bina, akibatnya hal ini menggangu kemandirian keuangan.

4. Kehilangan waktu pribadi

Usia muda adalah usia dimana Anda masih ingin bersenang senang atau bertualang mencari pengalaman baru dalam hidup, mungkin ingin bepergian keluar kota, keluar negeri atau menghabiskan waktu liburan ke suatu tempat tanpa ada hal hal yang menggangu dan menjadi beban. Namun Anda tidak dapat beraktiftas sebebas itu dikarenakan sudah berkeluarga, mungkin Anda sebagai seorang istri perlu merawat anak anak Anda atau Anda sebagai pencari nafkah dalam keluarga perlu berkerja lebih maksimal agar keluarga Anda mendapatkan kehidupan yang lebih layak.

Namun sekali lagi Anda yang memutuskan tentang apa dan bagaimana hidup yang ingin Anda jalani, pertimbangkan dengan matang keputusan Anda, cari solusi permasalahan jika Anda memutuskan ingin menikah muda.


Terima kasih sudah membaca artikel

Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply