Pengen Akrab Sama Ibu Mertua ? Yuk Ketahui Caranya

Pengen Akrab Sama Ibu Mertua ? Yuk Ketahui Caranya – Seringkah Anda menonton drama sinetron di televisi yang menggambarkan bertapa tidak harmonisnya hubungan antara menantu dengan ibu mertua. Di film digambarkan seorang ibu mertua sering kali bersikap tidak baik dengan menantunya, dimana sang ibu mertua memiliki sifat licik dan sombong, dan ingin agar anak lelaki mereka terikat terus dengannya, atau kadang ibu mertua tersebut bersikap baik kepada sang menantu jika anaknya ada dirumah, sebaliknya jika anaknya tidak berada dirumah, sang ibu mertua kembali melakukan hal hal buruk kepada menantunya.

Pengen Akrab Sama Ibu Mertua ? Yuk Ketahui CaranyaSebenarnya beberapa sikap yang ditampilkan oleh sang ibu mertua tersebut adalah sifat yang manusiawi, seperti orang kebanyakan lainnya, setiap manusia memiliki sisi positif dan negatif dalam diri.

Sebelum anaknya menikah, Ibu mertua biasanya mengurus segala kebutuhan anaknya. Tapi setelah menantunya masuk kedalam kehidupan anaknya, sang menantu mengambil kendali semua hal yang berhubungan dengan keluarga, mengurus kebutuhan sang anak, mengatur keuangan keluarga, memutuskan mana yang baik dan tidak untuk keluarga, sehingga disini peran ibu mertua menjadi lebih kecil. Beberapa ibu mertua membiarkan hal itu terjadi, namun tidak sedikit juga Kita menemukan beberapa mertua lainnya bersikap tidak baik kepada menantunya, dan itulah biasanya yang menjadi awal mula penyebab timbulnya ketidakcocokan antara ibu mertua dan menantu.

Tidak seekstrim di film atau sinetron dimana bahkan ibu mertua merancang suatu rencana untuk menyingkirkan menantunya dengan berbagai cara. Meskipun demikan Anda perlu membangun hubungan yang baik dengan ibu mertua Anda, karena hal itu sangat penting bagi ketentraman dan kebaikan keluarga kecil yang Anda bina untuk jangka panjang.

Pengen Akrab Sama Ibu Mertua ? Yuk Ketahui Caranya

Berikut adalah beberapa cara sederhana namun efektif yang bisa Anda lakukan untuk akrab dengan ibu mertua Anda :

1. Kenali Ibu Mertua Anda

Salah satu hal terpenting yang akan membantu Anda menyesuaikan diri dengan keluarga baru adalah dengan mengenal semua anggota keluarga dekat, terutama ibu mertua Anda. Menanyakan pertanyaan tentang makanan kesukaannya, bintang Bollywood atau bintang sinetron favoritnya mungkin dirasakan tidak nyaman pada awalnya, tapi mungkin dari interaksi tersebut Anda menjadi tahu bahwa ibu mertua Anda ternyata cukup menyenangkan. Anda bisa menghabiskan satu atau dua jam bersamanya, atau bahkan pergi berbelanja kebutuhan sehari hari bersamanya. Mengenalinya bahkan bisa membantu Anda memahami suami Anda dengan lebih baik. Dan siapa tahu, mungkin Dia akan mengungkapkan beberapa kisah masa kecil suami Anda yang memalukan yang bisa Anda gunakan untuk menggoda atau meledek suami Anda.

2. Bicara padanya

Hal tersebut terasa mudah dilakukan jika Kita tidak berada dalam situasi tersebut, namun menjadi sulit ketika Kita berada dalam posisi tersebut. Berbicara memang membantu menghilangkan perbedaan atau kecanggungan yang terjadi dalam suatu kondisi dimana Anda masuk ke dalam keluarga suami Anda. Sesuatu yang sederhana seperti obrolan ringan, atau bahkan bertanya tentang hari hari yang dilaluinya, akan membuat hal tersebut menjadi nyaman, dan Anda menjadi mengenal satu sama lain dengan lebih baik. Jika Anda dan suami Anda tidak tinggal dengan mertua Anda, maka lakukan percakapan telepon singkat dengan ibu mertua Anda setiap 2 atau 3 hari, karena hal ini akan membuatnya merasa dekat dengan Anda, dan Dia akan menganggap Anda sudah masuk menjadi bagian dari kehidupan anaknya. Habiskan waktu untuk berbicara tentang hidup Anda dan gali lebih lanjut tentang mertua Anda. Hal ini akan mengarahkan Anda  ke suatu hubungan yang lebih positif dan lebih baik dengan mertua Anda.

BACA  Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara Efektif

3. Minta sarannya

Ibu mana yang tidak menyukai perasaan dibutuhkan oleh seseorang ? Meminta saran dari ibu mertua Anda merupakan suatu tanda rasa hormat Anda terhadap kebijaksanaan dan pengalamannya selama bertahun-tahun. Sebenarnya baik masalah besar atau kecil Anda bisa mencari solusinya melalui mesin pencari “Google” atau mencari tau sendiri, bahkan mendapatkan informasi dari teman Anda, namun bukan itu esensinya, dengan Anda meminta saran dari ibu mertua Anda, hal itu akan membuat Dia bahagia, dan wujud dari kebahagian tersebut adalah sang ibu mertua mungkin akan menawarkan bantuan kepada Anda. Jika ibu mertua mengetahui bahwa ternyata pendapatnya masih didengarkan dan dibutuhkan oleh Anda, maka hal tersebut akan membuat Dia semakin percaya kepada Anda.

4. Perlakukan Dia seperti keluarga

Sebaiknya jika Anda sudah masuk dalam keluarga suami Anda. Maka anggaplah seolah olah ibu dari suami Anda adalah ibu Anda juga. Anda tidak perlu menjaga jarak dari Dia atau membuat benteng pertahanan diri, atau berpura pura perhatian dan perduli. Tapi perlakukan ibu mertua Anda seperti keluarga Anda sendiri dirumah seperti Anda memperlakukan ibu kandung Anda. Jadilah diri Anda sendiri, maka dengan demikian ibu mertua Anda akan bersikap terbuka dengan Anda. salah satu cara yang baik untuk melakukan hal ini adalah dengan melibatkannya dalam acara keluarga Anda, atau memberikan bantuan pekerjaan kepada ibu mertua Anda saat Anda berkunjung ketempatnya. Dengan sedikit usaha, Anda bisa mengubah hubungan formal menjadi satu hubungan yang penuh kasih sayang.

5. Belajar memasak hidangan yang disukai anaknya.

Sebelum Anda masuk dalam kehidupan suami Anda, mungkin suami Anda memiliki makanan kesukaan yang biasanya dibuatkan oleh ibu mertua Anda. Jadi bertanyalah pada ibu mertua Anda, apakah suami Anda memiliki hidangan kesukaan, dan tanyakan juga bagaimana cara menyiapkan hidangan yang sangat disukai oleh suami Anda kepada ibu mertua Anda. Hal ini merupakan salah satu cara unguk membangun hubungan yang lebih dalam lagi dengan ibu mertua Anda, tidak menjadi masalah jika ternyata Anda tidak pandai memasak, dengan Anda mencoba membuat hidangan tersebut, setidaknya ibu mertua Anda menghargai usaha Anda.

Anda tidak perlu takut pada ibu mertua Anda, betapapun dia mengintimidasi Anda. Sejujurnya Dia juga adalah seorang ibu, dan jika Anda membuka diri untuk mengenal lebih dekat dengan ibu mertua Anda, maka ibu mertua Anda mungkin bisa menjadi ibu kedua Anda.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Pengen Akrab Sama Ibu Mertua ? Yuk Ketahui Caranya

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply