Tanda Anda Terlalu Needy / Bergantung Dalam Hubungan

Tanda Anda Terlalu Needy / Bergantung Dalam Hubungan – Needy diibaratkan sebagai seseorang baik pasangan atau calon pasangan yang bersikap terlalu ngarep atau terlalu bergantung kepada pasangannya, selalu ingin agar pasangan berada didekatnya terus, memperhatikan selalu. Sikap seperti ini bisa dikenali dari beberapa tanda yang muncul.

Tanda Anda Terlalu Needy / Bergantung Dalam Hubungan

Tanda Anda Terlalu Needy / Bergantung Dalam HubunganTerlalu Needy Bisa Berakibat Negatif.

Kita semua secara emosional terlalu bergantung pada tingkatan tertentu dalam suatu hubungan kepada pasangan kita, seperti pada masa masa sulit yang dialami, dimana Kita membutuhkan lebih banyak dukungan emosional yang lebih dari biasanya. Kita ingin dipahami, didukung, dicintai, dan diterima apa adanya.

Sebenarnya tidak masalah untuk meminta bantuan sesekali kepada pasangan. Saat saat dimana Anda menemukan bahwa Anda sangat membutuhkan pasangan secara emosional.

Namun, jika terlalu bergantung secara emosional, terlalu menuntut, menempel, dan rapuh,  hal ini dapat menyebabkan hal yang tidak baik dalam hubungan yang Anda jalani.

Seseorang harus bisa mandiri, menerima kesendirian, dan mengatur hal dalam diri agar hubungan berjalan dengan sehat. Bagaimana Anda mengekspresikan kebutuhan Anda berkaitan dengan kepribadian dan sifat keterikatan Anda, sifat Anda berdasarkan pada bagaimana Anda belajar berhubungan dengan orang tua Anda dan seberapa emosional mereka atau mungkin tidak emosional.

Ada 3 sifat keterikatan yang membantu menciptakan perasaan aman atau tidak aman yang Anda rasakan dalam hubungan, yaitu keamanan, kecemasan, dan penghindaran.

Orang yang aman menampilkan diri mereka sebagai orang yang hangat dan penuh kasih sayang dan kemungkinan besar dididik dengan pola pengasuhan yang konsisten peduli dan responsif.

Namun, orang dengan sifat keterikatan yang penuh dengan rasa cemas adalah orang-orang yang menampilkan sifat kebergantungan kepada orang lain. Beberapa karakteristik utamanya adalah:

Menyangkal kebergantungan mereka dan melihat ke orang lain untuk mengisi kekosongan emosional dan kekosongan mereka dengan menggunakan cara yang manipulatif.

  • Mengkhawatirkan cinta pasangan mereka dan mencari semua sikap dan prilaku pasangan  yang menunjukkan bahwa mereka tidak mencintainya lagi.
  • Secara emosional terbebani dan akan bergantung pada pasangan mereka lebih banyak untuk membuat mereka merasa aman atau terus-menerus mengingatkan mereka akan perasaan mereka.
  • Menunjukkan ketidakamanan dan kepekaan terhadap hal hal kecil.

Ini menimbulkan kecemasan dan kekacauan batin dan menyebabkan kecemasan bagi mereka terutama dalam hubungan dengan pasangan.

Hal ini sering membuat pasangan mereka secara emosional terbebani oleh sikap ketergantungan mereka. Dan orang-orang yang cemas melakukan hal yang paling mereka takuti akan terjadi kemudian secara perlahan lahan atau tidak sadar mereka menjauhkan pasangannya. Perilaku mereka kontraproduktif, dan sulit untuk berubah.

BACA  5 Tanda Hubungan Anda Dan Si Dia Sudah Berakhir

Bagi orang lain, tidak ada yang bisa mereka lakukan untuk menolongnya. Anda tidak bisa mendorong pertumbuhan, memuji mereka, atau meyakinkan mereka. Mereka memiliki kebutuhan emosional yang tak terpuaskan dan melelahkan. Mereka benar-benar melelahkan dan berhubungan dengan mereka menjadi lingkaran yang tiada akhir.

Apakah kamu terlalu bergantung pada pasangan? Tanyakan pada diri Anda pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

1. Apakah Anda harus melihat pasangan Anda untuk membuat Anda bahagia?

2. Apakah Anda harus melihat pasangan Anda untuk memenuhi semua kebutuhan Anda dalam cinta dan dukungan?

3. Apakah Anda melihat ke pasangan Anda untuk meyakinkan Anda? Apakah Anda mencari orang lain untuk membuat Anda merasa nyaman dengan diri sendiri dan selalu melihat ke luar diri agar merasa yakin ? Dan bahkan jika Anda mendapatkan hal yang diingikan, apakah Anda bergantung pada hal itu setiap saat ? Apakah Anda merasa ditinggalkan jika pasangan Anda tidak selalu ada untuk Anda ? Apakah Anda takut pasangan Anda tidak ada untuk Anda?

4. Apakah Anda marah jika pasangan Anda tidak bereaksi dengan cara tertentu, sehingga keinginan Anda tidak terpenuhi ?

5. Jika Anda sendiri, apakah Anda melakukan sesuatu untuk mengisi kekosongan dengan hal hal lain ? Atau ketika sendirian, apakah Anda memikirkan percakapan sebelumnya atau khawatir bahwa pasangan Anda mungkin akan meninggalkan Anda ? Apakah sulit bagi Anda untuk hidup sendiri ?

6. Apakah hubungan Anda merupakan pusat dari segala kehidupan Anda ? Bagaimana dengan hubungan Anda dengan teman atau keluarga lain ?

7. Apakah mengganggu Anda jika Anda tidak masuk dalam rencana pasangan Anda?

8. Apakah Anda merasa cemburu terhadap hal-hal yang dia lakukan tanpa Anda bersamanya ?

Jika jawabannya adalah ya untuk semua pertanyaan diatas, itu berarti Anda adalah tipe pasangan yang needy, namun jangan kahwatir, silahkan simak artikel berikut Cara Mengatasi Terlalu Needy / Bergantung Dalam Hubungan. untuk mengatasi sikap needy.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Tanda Anda Terlalu Needy / Bergantung Dalam Hubungan

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply