Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara Efektif

Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara Efektif – Proses mendapatkan pasangan terkadang cukup sulit, namun lebih sulit lagi untuk menjaga hubungan ketika Anda sudah memiliki pasangan, karena hal itu akan menghabiskan banyak waktu dan energi. Jika Anda merasa bahwa Anda belum cukup mampu untuk memiliki komitmen dalam berhubungan, maka pernikahan bukanlah hal yang tepat bagi Anda, sebelum Anda masuk kedalam hubungan pernikahan dan janji suci, pikirkan dan pertimbangkan dengan baik terlebih dahulu.

Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara EfektifNamun jika Anda sudah memutuskan dengan mantap untuk menikah, dengan hanya memikirkan hal hal yang indah saja tidak akan membantu Anda, seperti memikirkan kisah cinta yang akan berakhir bahagia selamanya. Anda harus bekerja maksimal untuk mewujudkan hal tersebut. Dan ingatlah bahwa segala sesuatu tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan suatu hubungan.

Jika Anda ingin merasa nyaman dengan kekurangan Anda, maka sebaliknya Anda juga harus memaklumi kekurangan pasangan Anda.

Dalam setiap hubungan akan ada masa dimana segala sesuatu menjadi indah dan segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan, pada saat masa masa sulit dalam hubungan, adalah normal bagi setiap pasangan merasa frustasi.
Tetapi bagaimanapun sulitnya situasi, jika Anda dan pasangan saling mencintai, akan ada cara untuk mengatasinya.

Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara Efektif

1. Lepaskan Emosi Negatif

Sebelum mulai memperbaiki hubungan Anda, Anda harus bisa melepaskan ego dan emosi negatif, sehingga Anda bisa menghentikan adu argumen tanpa akhir dan dapat memikirkan apakah pertengkaran ini penting atau tidak.

2. Kenali Dan Selesaikan Permasalahan

Identifikasi masalah yang ada secara obyektif. Sebagai contoh, jika Anda marah kepada suami atau istri Anda karena tidak membersihkan rumah sewaktu Anda keluar berbelanja, maka hal ini menunjukkan dua hal yaitu, Anda sedang marah karena Dia tidak menyelesaikan tugasnya ketika Anda keluar rumah, dan keharusan tentang rumah yang harus dibersihkan.
Sangat penting untuk mendahulukan mencari akar permasalahan dan kemudian menyelesaikan masalah tersebut.Karena itu sebelum Anda beradu argumen dengan pasangan Anda yang dapat menguras pikiran dan tenaga, tanyakan pada diri Anda terlebih dahulu apakah hal ini penting dan dapat menyelesaikan masalah atau menguras energi dan masalah tidak terselesaikan.

3. Tenangkan Diri Anda

Begitu Anda menyadari bahwa emosi telah hadir, Anda harus menghadapi emosinya terlebih dahulu. Anda harus menenangkan diri sebelum berbicara dengan pasangan Anda, pastikan emosi Anda terkendali. Lebih baik mengatakan bahwa masalah itu sebaiknya dibicarakan nanti saja, daripada mengatakan terserah apa mau Kamu.

4. Bersinergi

Setelah Anda mengendalikan emosi Anda, Anda harus menghadapi situasi tersebut. Bersikap tenang dan bersinergi akan dapat menyelesaikan masalah. Hal ini akan membuat Anda memahami siapa yang bersalah kemudian memastikan bahwa hal ini tidak akan terulang kembali. Pertengkaran yang tidak berguna akan memperburuk situasi, tentunya Anda dan pasangan tidak menginginkan hal ini terjadi. Karena Anda dan pasangan memiliki tujuan ingin saling mencintai dan berbahagia.

BACA  Cara Membuat Pasangan Lebih Terbuka

5. Berhenti Menyalahkan

Jika Anda ingin hubungan yang berjalan dengan baik dan sehat, maka menyalahkan pasangan untuk masalah yang Anda hadapi adalah hal yang tidak dibenarkan.Anda harus memiliki keberanian untuk menghadapi masalah. Salah satu cara untuk menghentikan pertengkaran adalah dengan mengakui kesalahan dan menunjukkan empati kepada pasangan. Singkirkan ego dalam diri, karena jujur diakui bahwa mengakui kesalahan sendiri adalah hal yang sulit dilakukan secara cepat, namun jika Anda menginginkan hubungan jangka panjang tentu Anda bisa melakukannya.

6. Bercandalah Saat Bertengkar

Ciptakan situasi lucu di sela sela pertengkaran, hal ini penting agar ditengah tengah pertengkaran, pasangan Anda melepaskan emosi dan tersenyum sejenak meskipun enggan melakukan. Hal ini dapat membantu dalam melepaskan ketegangan dan memberikan ruang agar tidak terlalu masuk dalam emosi. Humor dapat membantu dalam hubungan, bahkan saat terjadi pertengkaran.

7. Pikirkan Hal Yang Terpenting

Selalu ingat apa yang penting dalam pernikahan.

Ketika Anda dan pasangan bertengkar tentang hal hal seperti mengapa rumah dalam keadaan kotor, makanan belum tersajikan dan lain sebagainya yang membuat keduanya beradu argumen, maka berhenti sejenak dan pikirkan hal hal apa yang terpenting dalam pernikahan Anda yang ingin Anda berdua capai. Jika Anda meluangkan waktu untuk berhenti sejenak pada saat bertengkar mungkin seketika itu juga Anda dan pasangan menjadi lupa tentang hal apa yang sedang dipertengkarkan, dan kemudian segala sesuatu kembali normal, meskipun masalah tetap ada disana. Namun jika Anda dan pasangan terus menerus melanjutkan argumen, pada akhirnya mungkin akan keluar kata kata yang tidak diinginkan dan Anda sesali. Karena itu sebelum Anda bertengkar, cari tahu sebenarnya apa yang Anda inginkan, apakah suatu hubungan yang bahagia atau perpisahan.

Jika Anda mencintai pasangan maka hal hal lain menjadi tidak penting.

 


Terima kasih sudah membaca artikel

Tips Bertengkar Dengan Pasangan Secara Efektif

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply