Yuk Cari Tahu Apakah Pernikahan Anda Tidak Bahagia ?

Yuk Cari Tahu Apakah Pernikahan Anda Tidak Bahagia ? – Pernikahan bukanlah suatu permainan. Terkadang dalam pernikahan bisa terasa membosankan dan ini bukanlah sesuatu hal yang boleh dianggap enteng. Dibutuhkan kerjasama dari kedua pasangan untuk membuat hal tersebut bekerja. Apakah Anda bahagia atau tidak dalam pernikahan Anda bukanlah sesuatu yang dapat Anda sembunyikan atau bohongi. Mungkin Anda bisa menyembunyikannya untuk sekian waktu yang cukup lama. Namun pada akhirnya kebenaran akan muncul, lebih sering dan mungkin akan mengejutkan Anda. Sebenarnya dalam hati Anda, Anda tahu pasti bahwa hal tersebut tidak berhasil.

Yuk Cari Tahu Apakah Pernikahan Anda Tidak Bahagia ?Dalam pernikahan yang gagal tidak hanya disebabkan oleh satu hal saja, namun berbagai macam hal yang menyebabkan ketidakbahagiaan dalam pernikahan Anda. Anda harus peka membaca tanda tanda ketidakbahagiaan ini dan tidak boleh mengabaikannya. Sejujurnya lebih mudah mengabaikan sesuatu hal yang tidak menyenangkan, namun kenyataannya hal itu dapat memperburuk masalah yang terjadi. Sampai ada satu masa dimana Anda harus mengakui kenyataan bahwa Anda sedang berada dalam pernikahan yang tidak membahagiakan.

Rasa sakit hati, kepahitan, dendam, benturan ego, miskomunikasi semuanya berperan dalam ketidakberhasilan suatu hubungan pernikahan. Jika Anda melihat ke belakang, Anda mungkin bisa melihat semua tanda ini, tapi yang terpenting adalah Anda menyadarinya pada saat yang tepat, bukan saat dimana hubungan pernikahan sudah berakhir. Saat hal-hal sulit tersebut muncul, mudah untuk mengangkat tangan dan menyerah dan kemudian pergi meninggalkan masalah. Tapi mencoba membuat hubungan pernikahan kembali utuh membutuhkan keberanian serta keyakinan agar dapat berhasil. Tidak banyak orang yang mau berusaha untuk melakukannya.

Yuk Cari Tahu Apakah Pernikahan Anda Tidak Bahagia ?

Jika Anda menganggap perkawinan Anda mungkin tidak menyenangkan, maka waspadalah terhadap tanda-tanda pernikahan yang tidak bahagia ini. Hal ini memiliki potensi untuk merusak pernikahan Anda, jika Anda tidak hati-hati.

1. Anda berdua menjalani kehidupan yang terpisah.

Kalian berdua memiliki kehidupan yang berbeda dan lebih sering tidak berhubungan sama sekali. Dalam pernikahan yang sehat dan bahagia, jarak tidaklah menjadi masalah, asalkan Anda berdua saling memahami dan bersedia ada ketika pasangan membutuhkan Anda. Banyak orang bahkan tidak melakukan sedikit pun upaya untuk mengenali kehidupan kerja pasangan mereka atau bahkan bertanya kepada mereka tentang bagaimana hari mereka. Jika pasangan Anda tidak mendapatkan dukungan emosional yang mereka cari, mereka pasti akan melihat ke tempat lain di mana mereka bisa mendapatkannya.

Terbukti bahwa suatu hubungan yang sehat antar pasangan adalah dengan memiliki hobi dan minat yang sama. Tapi Anda juga perlu memahami bahwa perlu ada hal lain yang bisa Anda jalani bersama sebagai pasangan. Jika Anda berdua tinggal di tempat yang sama, tapi tidak pernah berbagi hal hal selain pembicaraan tanpa makna, maka Anda tak ubahnya seperti teman kamar biasa.

2. Anda memiliki arah hidup yang berbeda.

Bila Anda sedang dalam pernikahan yang tidak bahagia dan jalan hidup Anda jarang sesuai dengan pasangan Anda. Anda berdua memiliki perspektif yang sangat berbeda terhadap kehidupan dan tujuan Anda untuk masa depan. Padahl dalam perkawinan yang sehat dan bahagia harus ada penyesuaian tertentu  yang harus Anda lakukan berdua. Ketika Anda berdua bersikap keras kepala tentang pilihan hidup Anda dan tidak berniat menemukan keluar, hal itu menunjukan Anda berdua berada dijalur yang berbeda dan tidak pernah sama. Apa gunanya hubungan pernikahan seperti itu?

Baca : Nikah Muda ? Yuk Cari Tau Untung Ruginya

3. Anda membandingkan pasangan Anda dengan orang lain

Hal ini hanya akan mempercepat kegagalan hubungan pernikahan Anda. Anda, pasangan Anda, dan pernikahan Anda semuanya unik. Pernikahan Anda dibuat unik karena Anda dan pasangan Anda saling berbagi hubungan unik satu sama lain yang berbeda satu sama lain dan tidak ada bandingannya dengan yang lain. Jika Anda terus-menerus membandingkan perkawinan atau pasangan Anda dengan orang lain, Anda akan membuat pasangan Anda seolah olah tidak cukup baik untuk Anda. Dan percayalah, tak seorang pun ingin merasakan hal seperti itu.

4. Anda menikmati perselingkuhan emosional.

Banyak orang tidak percaya bahwa perselingkuhan emosional termasuk dalam kategori selingkuh. Namun ternyata hal ini lebih serius daripada perselingkuhan fisik. Hal hal yang berkaitan dengan emosi akan menyebabkan penurunan kepercayaan. Hal ini membuktikan bahwa pasangan Anda bukan teman Anda dan bukan orang yang Anda percaya. Jika Anda merasa nyaman berbicara dan memberi tahu orang lain daripada pasangan Anda, berarti Anda memiliki masalah serius. Mungkin hal tersebut dimulai dari membicarakan hal hal yang berkaitan dengan perasaan Anda, dan kemudian ada yang mau mendengarkan masalah Anda. Jika hal ini tidak terkendali, akhirnya bisa menjadi pertengkaran utama dalam pernikahan Anda.

BACA  Yuk Kenali Tanda Bahwa Suami Tidak Tertarik Lagi Pada Anda

Komunikasi dan kepercayaan adalah salah satu fondasi pernikahan yang sehat dan bahagia. Jika keduanya kurang dalam pernikahan Anda, hal ini membuktikan bahwa Anda merasa lebih nyaman berkomunikasi dengan orang ketiga yang bukan pasangan Anda, maka itu adalah pertanda jelas bahwa Anda telah melewati batas lebih dari seorang teman yang mendengarkan.

5. Anda memiliki kebutuhan yang tidak terpenuhi.

Mungkin kebutuhan emosional atau fisik atau intelektual Anda tidak terpenuhi oleh pasangan Anda. Anda menemukan cara untuk memuaskan kebutuhan Anda dengan mencari jalan lain di luar pernikahan Anda. Tapi pada saat yang sama, Anda mungkin frustrasi dengan fakta bahwa pasangan Anda tidak dapat memenuhi kebutuhan ini. Ini pasti membuat Anda marah kepada pasangan Anda.

6. Anda memiliki keinginan yang terlalu berbeda.

Terkadang Anda dan pasangan Anda memiliki kebutuhan yang berbeda sebagai pasangan. Pasangan Anda mungkin tidak ingin berpelukan ketika keluar rumah namun Anda menginginkannya. Anda mungkin suka makan dengan tangan, tapi pasangan Anda menganggap hal itu jorok. Anda mungkin suka bermalas-malasan di sekitar rumah tanpa melakukan apa-apa di hari libur tapi pasangan Anda mungkin ingin pergi jalan atau berkumpul dengan teman.

Jadi apa yang dapat kamu lakukan? Apakah Anda akan berkompromi dengan setiap hal kecil demi pernikahan Anda ? Berapakah tingkat kompromi yang dibutuhakn Anda agar pernikahan Anda bisa berjalan? Itu adalah sesuatu yang Anda berdua perlu bicarakan, karena ada garis tipis antara harapan dan kenyataan. Jika Anda memiliki saluran komunikasi yang terbuka dan jujur ​​dalam hubungan Anda, mungkin Anda bisa menemukan jalan keluar yang bisa Anda jalani berdua.

7. Anda tidak mengeluh tentang pasangan Anda sama sekali.

Anda dan pasangan Anda berasal dari latar belakang yang berbeda, dan ini berarti Anda berdua memiliki sudut pandang yang berbeda, bisa jadi itu berarti akan muncul konflik dan keluhan. Perkawinan yang baik adalah di mana Anda berdua bebas menyampaikan keluhan Anda tentang yang lain dan menemukan jalan keluar. Hal ini kadang-kadang dapat menyebabkan gagasan dan pemikiran yang saling bertentangan, tapi tidak apa-apa, karena ini mengarah pada Anda berdua untuk mencapai kesepakatan yang sesuai untuk Anda berdua.

Namun, situasi di mana Anda memiliki masalah dengan perilaku, gagasan, pemikiran, atau ideologi pasangan Anda, namun Anda tidak ingin repot-repot membicarakannya atau bahkan membesarkan hal tersebut, hal ini bisa menjadi masalah. Itu berarti Anda berpikir bahwa hal itu tidak sebanding dengan usaha untuk memperbaiki hal tersebut. Hal ini diawal mungkin terasa kecil, tapi seiring berjalannya waktu, jika Anda cenderung mengambil pendekatan yang sama terhadap setiap masalah yang muncul di antara Anda berdua. Gangguan kecil ini akhirnya menjadi frustrasi besar yang bisa mengancam pernikahan Anda.

8. Anda sering menyalahkan pasangan

Ya, pasangan Anda melakukan kesalahan dan mungkin sulit untuk anda memaafkan mereka. Tapi Anda tidak bisa menyimpan dendam terhadap pasangan Anda dan membawa kesalahan mereka kesetiap persoalan. Hal yang sama berlaku untuk pasangan Anda juga. Perkawinan yang tidak bahagia adalah tempat berkembangnya adu argumen dimana hal itu membuat Anda merasa pahit, terluka, dan lain sebagainya. Begitulah yang terjadi pada pernikahan yang tidak bahagia. Argumen dan pertengkaran menjadi alat untuk menimbulkan rasa sakit sebanyak mungkin pada pasangan Anda.

9. Anda berdua memiliki ego yang besar

Ego tidak selalu buruk, tapi bila lebih membesarkan ego pada kehidupan pernikahan, maka akan merubah keharmonisan suatu pernikahan. Jika Anda mulai berpikir bahwa Anda lebih baik daripada pasangan Anda, maka Anda memiliki masalah besar. Dalam sebuah pernikahan, Anda dan pasangan membentuk tim yang merupakan satu kesatuan. Anda berdua memainkan bagian yang hampir sama dalam menahan ego. Jika ego mulai mengambil peranan, sulit untuk menghormati pasangan Anda, dan hidup bersama dengan mereka. Hal tersebut adalah tanda tanda pernikahan yang tidak bahagia.

Jika Anda melihat tanda-tanda ini dalam pernikahan Anda sendiri, maka ketahuilah bahwa Anda memiliki dua pilihan yaitu jika Anda menganggap hal ini layak diperjuangkan maka bangun dan lakukan sesuatu untuk memperbaikinya. Atau menyerah dan pergi saja dari masalah itu. Mengalami pernikahan tanpa cinta dan tidak bahagia dapat merusak harga diri, rasa percaya diri Anda, dan mungkin membuat Anda pesimis dalam menjalani kehidupan percintaan.


Terima kasih sudah membaca artikel

Yuk Cari Tahu Apakah Pernikahan Anda Tidak Bahagia ?

Semoga Bermanfaat

Leave a Reply